Kumpulan Informasi Internet Dan Komputer

Thursday, May 21, 2015

Tutorial Menginstal Wine Terbaru Di Ubuntu

Hai gan, di artikel kali ini saya akan membuat tutorial menginstal wine di ubuntu dan penjelasan program wine di ubuntu agar agan bisa lebih tau tentang kerja wine di ubuntu, wine terbaru release pada januari 2015 ialah versi 1.7.43.

tutorial menginstal wine di ubuntu
Gambar di atas menunjukan konfigurasi program wine di ubuntu

Apa itu wine? wine atau lebih lengkapnya winehq ialah software loader aplikasi windows yang berjalan di kernel linux, dan bagaimana cara menggunakannya? caranya gampang sekali seperti agan menginstal software windows ketika wine loader sukses terinstal di os ubuntu. Wine bisa sukses di instal di beberapa os berikut ini yaitu ubuntu 15.04 vivid vervet, ubuntu 14.10 utopic unicorn, ubuntu 14.04 trusty tahr (LTS), debian and linux mint 17.1 rebecca, linux mint 17 qiana via PPA. Bagaimana caranya? yuk lihat tutorial menginstal wine di ubuntu secara lengkap dibawah ini.

Menggunakan Terminal


1. Buka terminal di ubuntu dengan cara tekan tombol ctrl+alt+t secara bersamaan.

tutorial menginstal wine di ubuntu

2. Lalu mengetik ketiga command dibawah ini, secara satu persatu.
$ sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install -y wine1.7

3. Jika sudah wine otomatis sukses terinstal di os ubuntu agan, cara membuka program wine di ubuntu adalah dengan cara ketik command ini di terminal wine.

Menggunakan Software Center


1. Buka ubuntu software center dengan cara mengeklik tombol super di ubuntu lalu ketik software center.

tutorial menginstal wine di ubuntu

2. JIka sudah dicari otomatis program agan terbuka.

tutorial menginstal wine di ubuntu

3. Ketik wine di tombol search ubuntu, jika wine sudah ketemu lalu klik instal, tunggu beberapa menit hingga wine sukses di pasang.

tutorial menginstal wine di ubuntu

Catatan: versi wine terbaru tidak menjamin jika program itu berjalan maksimal di os agan, jika agan ingin versi yang stable bisa memakai versi 1.6.2.

Penutup.


Semoga tutorial menginstal wine di ubuntu ini bermanfaat untuk agan-agan yang belum tahu tutorial tentang menginstal wine di ubuntu. Jika ada kesulitan atau menemukan error pada saat penginstalan silahkan berkomentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tutorial Menginstal Wine Terbaru Di Ubuntu

1 comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas, berkomentar tidak sesuai topik dan spam menggunakan link nofollow, otomatis akan saya hapus.