Kumpulan Informasi Internet Dan Komputer

Tuesday, May 19, 2015

Pengertian Dan Sejarah Internet

Halo gan, disini saya akan menjelaskan pengertian dan sejarah internet, dan kerugiannya, internet mungkin sudah menjadi konsumsi setiap hari kayak ane hehehe, oke simak penjelasan dibawah ini.

pengertian dan sejarah internet
Gambar di atas menunjukan  addres bar di web browser yang berfungsi untuk mencari halaman web

Bagi agan yang ingin mencari tentang sejarah atau pengertian internet bisa dilihat di artikel saya dibawah ini, mungkin agan hampir setiap hari berurusan dengan internet tak ada salahnya kan agan mengetahui pengertian dan sejarah internet, juga, yuk simak artikel saya dibawah ini.

Pengertian


Internet (Interconnected Network) jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainyya dengan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam daringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak(dalam hal ini provider) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat diakses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.

Internet merupakan jaringan rangkaian komputer (networking) dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antar individu dan manusia di seluruh dunia. Internet adlah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan kumputer-komputer dan jaringan-jaringan di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut Internet Backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan Unique Name yang biasa disebut alamat IP 32 bit. Dengan berinternet, ktia dapat memperoleh berbagai informasi apa saja, dimana saja, dan kapan saja(no limit, anywhere, and anytime) kita hanya tinggal pergi ke search engine dunia, seperti Yahoo, Google, Bing, dan yang lain. Ketik kata atau kalimat yang ingin dicari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut. Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol protokol internet (TCP/IP), untuk perusahaan tersebut kepada karyawannya.

Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet (protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien, dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya meruakan komponen yang sering digunakan. Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan internet", atau sebagai sebuah versi dari internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Sejarah


Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. 

Penutup.


Semoga artikel tentang pengertian dan sejarah internet bermanfaat bagi agan yang belum tahu pengertian dan sejarah internet,, jika ada pertanyaan silahkan post di komentar dibawah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Sejarah Internet

1 comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas, berkomentar tidak sesuai topik dan spam menggunakan link nofollow, otomatis akan saya hapus.